Jumat

Tumbal Ilmu Pengetahuan

. Jumat

Jauh sebelum zaman ini, dulu penduduk bumi percaya bahwa planet yang mereka tinggali adalah pusat dari perputaran alam semesta. Tapi kepercayaan tersebut pada tahun 1543 digugat oleh seorang astronom bernama Nicolaus Copernicus mengatakan

matahari-lah yang menjadi pusat tata surya.
Tapi tak banyak yang percaya dengan observasi dan perhitungan yang dilakukan Copernicus ini.

Setelah zaman Copernicus berlalu, pernyataan serupa juga dikatakan oleh Galileo.
Galileo seorang ilmuwan Italia yang melakukan pengamatan dengan teropong bintang buatannya. Menurut sejarah, Galileo adalah adalah orang pertama yang melihat bulan melalui teleskop panjang miliknya. Tapi lagi-lagi orang-orang pada zaman Galileo tak juga percaya bahwa bumi bukanlah titik putar alam semesta.
Tak sekedar itu, orang-orang di zaman Galileo mengatakan bahwa ilmuwan yang satu ini sedang melakukan penghasutan atas kepercayaan yang mereka anut selama ini.

Akhirnya Gereja Katolik Roma yang merasa tergugat kepercayaannya menghukum mati Galileo, dan hal ini tercatat sebagai salah satu "dosa" atas ilmu pengetahuan dunia yang pernah dilakukan gereja. Pada tahun 1642 Galileo menerima hukuman matinya. Dan pada tahun itu pula seorang bocah bernama Isaac Newton lahir ke dunia. Kelak sang bocah ini mempunyai teori yang sama dengan Copernicus dan Galileo, bahwa matahari adalah titik edar tata surya.
Satu lagi sunnah Allah terbukti kebenarannya. Sekeras apapun manusia berupaya menutupi dan menentang hukum alam yang dicipta-Nya, maka tak akan ada usaha yang berhasil atas-Nya.




Sumber: Majalah Sabilli

3 komentar:

Anonim mengatakan...

mas, saya baca di isnaini tentang read more mas belum bisa ya? tebakan saya mas motong artikelnya bukan di HTML-nya ya? maaf kalau jadi sok - gak ada maksud sama sekali. Potong artikelnya di HTML-nya mas. saya berhasil kok.

BTW saya baca artikelnya, menarik lho... ga takut kontroversi tuh hehehe..

Kunjungi saya ya kalau ada waktu
trims n mup sblm n ssdhny

Anonim mengatakan...

@puax

Makasih ya mas atas infonya...
Ya neh mas,kemaren dh ta coba utak-atik tapi lum jadi..Maklum mas masih newbie hehe
Key mas tar aq maen..

Anonim mengatakan...

Sama kok masih newbi juga neh, tapi ga apa-apa kok. BTW Blog saya yang mas kunjungi itu cuma sebagai arsip, blog yang benernya sih ini, cuma malu masih blog baru, main ya ke blog baru saya di http://blog-puax.blogspot.com/

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Page Rank

Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com